Batman Begins - Help Select

Blogroll

Cari Blog Ini

booting windows dengan USB

Senin, 06 Februari 2017

Cara Membuat USB Flashdisk Drive Bootable DOS


Cara membuat USB Flash drive DOS Bootable (DOS Bootable Flashdisk), agar bisa booting dalam DOS. Berguna saat ingin menjalankan aplikasi (utility) yang berbasis DOS, sementara Windows mengalami gagal booting. Di era Windows 95/98, ini disebut Startup Disk.

System operasi DOS (Disk Operating System) sudah jarang digunakan, tapi bukan berarti tidak berguna. Dalam kebutuhan seperti update BIOS, update firmware, problem password BIOS dll. masih sangat memerlukan kehadiran DOS. Teknisi komputer banyak menggunakan sistem DOS dalam menyelesaikan problem PC.

"Dahulu kala" membuat bootable DOS/MsDOS sangat mudah karena Windows menyediakan fasilitasnya - sampai sekarang pun masih tersedia. Tetapi itu hanya untuk media Diskette dengan Floppy drive. Jika PC/laptop anda masih tersedia floppy drive dan masih memiliki diskette, maka semuanya akan menjadi mudah. Cukup klik-kanan drive, pilih Format, dan klik Create an MS-DOS startup disk, klik Start.

Tetapi saat ini floppy disk sudah "digantikan" oleh USB Flashdisk, dan Windows tidak mengijinkan pembuatan Bootable DOS pada USB Flash ini. Fasilitas tsb. menjadi non-aktif (abu-abu) - Gambar-1. Untuk mengatasi nya, kita bisa menggunakan software Rufus. Software kecil, gratis dan tidak perlu instalasi.

membuat USB bootable DOS
Gambar-1
membuat USB bootable DOS dengan Rufus
Gambar-2
Membuat USB Flashdisk Bootable DOS dengan Rufus
Jika kasusnya adalah Windows yang gagal booting, maka bisa membuatnya dengan bantuan PC lain.
  1. Tahap pertama : Membuat bootable DOS USB. 
    1. Download software Rufus [www.mediafire.com/?9estr4sws5iiwt1], dan ekstrak file download-nya (zip).
      Di dalamnya ada3-file :
      • clnpwd.exe - untuk reset password bios, 
      • rufus_v1.3.4.exe : program Rufus, dan 
      • rufus_baca.txt : "readme file".
    2. Pasang USB-Flashdisk yang kosong, Flashdisk akan di-Format ! 
    3. Gambar-2. Jalankan (klik ganda) file rufus_v1.3.4.exe. Pastikan Flashdisk sudah terdeteksi, dan opsi "Create a bootable disk using" sudah di centang (checkmate), dan pilih FreeDOS. Dalam Rufus sudah dilengkapi program FreeDOS. 
    4. Klik tombol Start. Semua isi USB Flashdisk akan dihapus ! Backup dulu jika ada data penting di dalam Flashdisk. 
    5. Proses akan berjalan dan selesai dengan sangat cepat.
  2. Tahap kedua : Memasukkan program yang diperlukan (berbasis DOS). 
    1. Kita membuat USB Bootable DOS ini tentu untuk menjalankan suatu program yang berbasis DOS atau program "low-level system" (bukan program Windows). 
    2. Copy program yang diinginkan ke root direktori dalam USB Bootable DOS tsb. Contoh : dalam file download di atas ada file program clnpwd.exe, kita tinggal copy dan paste ke root direktori Flashdisk Bootable DOS yang telah dibuat. Ini akan memudahkan saat ingin menjalankan program (clnpwd.exe) tsb. 
    3. Tentu saja anda bisa menggunakan program "DOS base" yang lainnya sesuai kebutuhan.
Booting ke dalam DOS
Setelah proses pembuatan USB Bootable DOS selesai, kita akan gunakan untuk booting PC ke dalam DOS.
  1. Pasang USB Bootable DOS ke PC/laptop, lalu ON kan PC. 
  2. Mungkin perlu untuk merubah setting BIOS agar PC booting dari USB. Untuk masuk ke BIOS gunakan tombol tertentu (F2, Del dll.).
  3. Jika tersedia, gunakan tombol Boot Menu (mis. F12) untuk memilih booting dari USB
  4. Jika tidak bisa masuk BIOS - mis. ada proteksi Supervisor password, cobalah melepas HDD, maka sistem akan otomatis booting dari USB drive. 
  5. Selanjutnya Anda tinggal ketikkan perintah DOS untuk menjalankan program yang sudah di-copy ke dalam USB Flashdisk tadi. 

0 komentar:

Posting Komentar